Pabrik pakan ternak adalah pabrik yang memproduksi pakan untuk ternak  (unggas, ruminansia, maupun non ruminansia). Pabrik pakan ternak berperan sangat penting dalam dunia peternakan di Indonesia. Untuk saat ini para peternak masih sangat tergantung terhadap pabrik pakan. Ketergantungan tersebut disebabkan oleh 3 hal yaitu:
  1. Praktis
Praktis berarti tidak ribet atau mudah mendapatkan (Tinggal beli saja, tidak repot seperti kalau membuat pakan sendiri).

  1. Kualitas terjamin
Pakan yang dibuat pabrik sudah sesuai standar SNI sehingga kualitas sudah tidak diragukan lagi


  1. Harga kompetitif

Peternak bisa memilih  pakan sesuai dengan keinginan dengan harga yang kompetitif, karena setiap pabrik pakan mengeluarkan produk dengan harga yang bervariasi dengan harga yang tidak jauh berbeda.


Banyak pabrik pakan yang berdiri dinegara kita, ada 3 pabrik pakan terbesar antara lain:

  1. Japfa Comfeed Indonesia
 Japfa Comfeed Indonesia adalah salah satu perusahaan agri-food  terbesar dan terkemuka di tanah air.  Sejak tahun 1975, Japfa menghasilkan pakan ternak ayam broiler dan ayam layer berperforma tinggi yang berkualitas dan terpercaya. Japfa senantiasa menjaga kualitas produk dengan  menggunakan bahan baku terbaik yang diproduksi dengan teknologi terkini dan melalui proses pengendalian mutu yang ketat.


  1. Cargill
Di seluruh Indonesia, pabrik pakan Cargill beroperasi dengan kualitas pakan dan standar keselamatan yang tinggi. Cargill merupakan produsen pakan ternak pertama di Indonesia yang memperoleh setifikasi HACCP yang diakui di seluruh dunia untuk pabrik pakan. HACCP singkatan dari “Analisis Bahaya dan Titik Kontrol Kritis” dan merupakan pendekatan yang sistematis dan preventif dalam menangani bahaya terhadap keamanan pangan dan pakan.


  1. Charoen Pokphand Indonesia
Charoen Pokphand Indonesia didirikan 07 Januari 1972 dalam rangka Penanaman Modal Asing (“PMA”) dan beroperasi secara komersial mulai tahun 1972. Kantor pusat CPIN terletak di Jl. Ancol VIII No. 1, Jakarta dengan kantor cabang di Sidoarjo, Medan, Tangerang, Balaraja, Serang, Lampung, Denpasar, Surabaya, Semarang, Makasar, Salatiga dan Cirebon. Merek pakan ternak yang dimiliki Pokphand, antara lain: HI-Pro H dan I-Pro-Vite 


0 komentar:

 
Blogger TemplateShare4all © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top