Untuk menjadi sales yang sukses diperlukan suatu habits atau kebiasaan yang baik. Dengan mempunyai kebiasaan yang baik seorang sales pasti akan mencapai target atau goal yang telah ditentukan. Secara garis besar ada tujuh kebiasaan yang harus dimilikin oleh seorang sales, Yuk kita simak penjelasaannya:
1. Proactive :
Proactiv artinya adanya rasa tanggung
jawab pada diri kita terhadap sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Lawan kata
proaktif adalah reaktif. Prinsip proaktif dan reaktif antara lain:
· Proaktif dan reaktif akan muncul ketika merespon
sesuatu yang terjadi disekeliling kita
· Jika kita tergolong reaktif, apabila ada masalah
kita akan cenderung menyalahakan orang lain
· Menjadi proaktif berarti mempunyai rasa tanggung
jawab terhadap apa saja yang terjadi disekitarnya
· Antara rangsangan dan respon, orang proaktif dan
reaktif bebas memilih apakah menjadi proaktif dan reaktif
2. Begin with the end in mind
Begin with the end in mind adalah Kebiasaan yang selalu berdasarkan atau
berorientasi pada tujuan akhir yang ingin dicapai. Tujuan yang ingin dicapai antara lain:
- Volume penjualan
- Keuntungan
- Biaya yang rendah
- Semua aktifitas yang meningkatkan keuntungan
- Kepuasan pelanggan
3. First Things First
First Things First merupakan prinsip dari integritas dan pelaksanaan
suatu tindakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kebiasaan ini antara
lain:
- Prioritas utama yaitu tujuan jangka pendek yang mau dicapai
- Kadang-kadang suatu tindakan dianggap tidak penting, namun dalam kenyataan hal tersebut sangat penting
- Pendelegasiaan tugas sangat penting dalam proses mencapai target
- Pendelegasiaan tugas selalu berorientasi pada hasil yang dicapai
- Membiasakan diri menghilangkan semua kegiatan yang membuang waktu (kegiatan yang hanya menghabiskan waktu tetapi tidak membawa manfaat apa-apa)
- Selalu mempunyai sasaran atau tujuan yang jelas
- Selalu bekerja dengan focus berpusat pada tujuan
- Mempunyai waktu cadangan yang banyak untuk kegiatan yang penting
- Menentukan prioritas utama yang akan dilakukan terlebih dahulu
- Membuat semua list kegiatan sebelum melakukan kegiatan dalam satu hari
Think win/win adalah kebiasaan yang berprinsip
pada keuntungan bersama.Hal tersebut dapat dicapai apabila setiap orang
memmpunyai:
- Saling pengertian satu sama lain
- Saling menghadiri hal-hal kecil
- Mempunyai komitmen
- Mempunyai ekspektasi yang jelas
- Mempunyai integritas pribadi yang baik
Seek first to understand, then to
beunderstood adalah prinsip dari
saling pengertian yang saling menguntungkan. Kebiasaan tersebut merupakan
kebiasaan yang paling penting dalam
prinsip hubungan antarpersonal/antar individu. Contohnya hubungan antara
penjual dan pembeli. Penjual harus mengetahui barang apa yang dibutuhkan pembeli
dan sisi lain pembeli juga harus mengetahui barang apa yang dijual oleh
penjual.
6.Synergize
Synergize adalah prinsip dari kerjasama
yang kreatif. Ciri-ciri dari kebiasaan sinergis yaitu
- Dapat menemukan cara yang tepat ketika kerja dalam satu tim
- Mengaplikasikan metode pemecahan masalah yang efektif
- Mengaplikasikan kerjasama dalam pengambilan keputusan
- Mempunyai nilai lebih disbanding yang lain
- Membangun kekautan yang berbeda-beda sesuai kemampuan yang dimiliki
- Membangun pengaruh kolaborasi yang kreatif
- Meningkatkan dan memanfaatkan inovasi yang ada
Sharpen the saw adalah
kebiasaan yang selalu memperbaharui dan selalu malaksanakan perbaikan secara
terus menerus. Agar kebiasaan tersebut efektif maka harus menemukan
keseimbangan antara aktifitas yang sedang dilakukan dengan peningkatan kemampuan dalam
melaksanakan aktifitas tersebut.
0 komentar:
Post a Comment