Dalam dunia kerja maupun baik swasta maupun pemerintahan pasti dikenal adanya seorang pemimpin. Pemimpin mempunyai peranan yang sayang penting dalam keberhasilan suatu pekerjaan. Sebaik apapun pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tanpa adanya pemimpin yang baik,hasilpekerjaan yang dicapai pasti tidak akan optimal.  Nah pada tulisan ini akan  saya jelaskan beberapa ciri seorang pemimpin yang baik, tulisan ini di rangkum dari catatan  ketika trainning diperusahaan tempat saya kerja beberapa bulan yang lalu.
Ciri – Ciri pemimpin yang baik antara lain:

1.     1. Memimpin
Namanya pemimpin pasti harus bisa memimpin, itu adalah salah satu syarat mutlak untuk menjadi pemimpin. Trus apa dong arti dari” memimpin”??
Memimpin yaitu mengatur orang atau bawahan untuk menjalankan suatu pekerjaan. Jadi singkatnya tugas pimpinan yaitu mengatur orang,sedangkan yang menjalankan pekerjaan adalah bawahannya.

Picture by www.theguardian.com
2. Delegasi
Delegasi artinya penyerahan tugas atau pekerjaan agar diselesaikan oleh bawahnnya .  Pemimpin tidak melakukan pekerjaan, tapi pekerjaan dilakukan oleh bawahannya.Hal tersebut dilakukan karena pemimpin tidak mungkin bisa mengerjakan semua pekerjaan sehingga pekerjaan ada yang diserahkan atau dilakukan oleh anak buahnya.

Picture by www.luxurystnd.com
3. Konsisten
Konsisten artinya tidak plin-plan dalam menjaga perilaku positif sesuai aturan atau rencana yang telah dibuat pada saat memulai suatu pekerjaan
Picture by www.njmaonline.com
4. Memotivasi dan melatih
Memotivasi artinya memberi semangat,sedangkan melatih yaitu memberi pengetahuan atau keterampilan kepada anak buah sehingga dapat  melaksanakan pekerjaan dengan baik.

a. Memotivasi
Picture by www.uwm.edu

     b. Melatih


Picture by www.truelogic.net

5. Perbaikan yang terus menerus
Perbaikan terus menerus yaitu perbaikan yang dilakukan setiap saat dan dilakukan terus menerus sehingga hasil dari suatu pekerjaan lebih optimal dari sebelumnya

Picture by nazmatuz066.wordpress.com

Nah itu 5 Ciri pemimpin yang baik, apakah ciri-ciri itu ada pada diri kalian ??? hehehe


 
Blogger TemplateShare4all © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top